METRO CIKARANG – Komisi 1 DPRD Kabupaten Bekasi meminta tiap-tiap kecamatan menata dan mendata aset baik berupa tanah ataupun bangunan yang ada. 

Ketua Komisi 1 DPRD Kabupaten Bekasi, Ani Rukmini, menjelaskan untuk Kecamatan Setu berfokus pada penataan aset. Karena, terdapat sejumlah kasus terkait dengan sengketa tanah.

“Ada juga aset TKD (tanah kas desa) yang belum bersertifikat, digugat masyarakat, bahkan sudah digunakan sebagai sarana publik seperti sekolah, puskesmas,” ucap. 

Pada beberapa kasus, Pemkab Bekasi justru kalah di pengadilan ketika digugat oleh ahli waris pemilik lahan. 

“Kita dorong selesaikan sengketa, kalau memang kalah harus bayar, lunasi, karena itu fasilitas publik, jangan sampai digusur,” kata dia.

Lanjut dia, secara teknis nanti Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) akan menuntun dalam tahapan itu. 

“Harus ada verifikasi dan identifikasi. Kedua, pembuntukan tim fasilitasi aset. Ketiga kita akan dorong ADD untuk bisa diarahkan untuk penataan aset, termasuk kegiatannya. Untuk TKD perlu dikasih plang,” tutur politisi PKS ini. 

Dia berharap ke depan dapat menjalin kerja sama dengan Badan Pertanahan Nasional (BPN) untuk menjalankan program pendaftaran tanah sistematis lengkap (PTSL) untuk sertifikasi TKD.

Sementara itu, Sekretaris Camat Setu, M. A. Amran, menjelaskan, akan menyampaikan hasil kunjungan Komisi 1 ke camat.

“Intinya dewan mengharapkan kita, kecamatan, memonitor dan menyelesaikan TKD dan aset-aset bermasalah, dan yang belum terdata secara baik,” ucap dia. 

Ketika ada putusan Pengadilan Negeri yang menyatakan Pemkab Bekasi kalah atas suatu gugatan, maka pihak kecamatan juga diminta dapat mendorong penyelesaian ganti rugi. 

“Jangan sampai nanti dimiliki pihak luar, malah jadi permasalahan lagi di lain hari. Kita akan bicarakan ini kepada pihak terkait, dan bapeda, khususnya desa supaya bisa bersinergi dengan kecamatan untuk menyelesaikan itu,” tuturnya.

Lanjut Amran, pada intinya pihak kecamatan mendukung program Pemkab Bekasi dalam hal penataan aset di wilayah Kabupaten Bekasi.

(dim/red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here