TUTUP: Kapolres Metro Bekasi, Kapolsek Cikarang Selatan dan Camat Cikarang Selatan beserta jajarannya lakukan monitoring malam pergantian tahu batu di wilayah Cikarang Selatan. Kamis (31/12)

METRO CIKARANG – Menjelang pergantian Tahun Baru 2021, sejumlah tempat kuliner dan pertokoan di wilayah Cikarang festival (Cifes) Desa Ciantra, Kecamatan Cikarang Selatan oleh petugas gabungan yang meliputi Jajaran Polsek Cikarang Selatan, Koramil 08/LA, Satpol PP dan Camat Cikarang Selatan beserta jajarannya. lantaran tidak mengindahkan imbauan Pemerintah agar sudah tutup pada pukul 19.00 WIB.

Kapolsek Cikarang Selatan Kompol Sukadi, S.H menyampaikan, hal ini dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya kerumunan massa pada perayaan jelang malam tahun baru 2021.

” Malam ini kami bersama Camat Cikarang Selatan dan Koramil Lemah Abang melakukan edukasi kepada warga masyarakat di sekitar Cifes yaitu di tempat pertokoan dan kuliner pada malam Tahun Baru 2020-2021,” kata Kapolsek, baru-baru ini.

Dalam monitoringnya, Sukadi menerangkan bahwa pihaknya masih menemukan sejumlah kuliner dan pertokoan yang tidak mengindahkan imbauan pemerintah agar tutup pada pukul 19.00 WIB.

“Ternyata masih banyak warga masyarakat yang belum tahu dan tentunya tidak mengindahkan daripada peraturan pemerintah yang sudah ditetapkan beberapa hari yang lalu,” ujarnya.

Oleh karena itu, sambung Kapolsek, pihaknya melakukan penertiban untuk menutup toko dan kuliner untuk mengantisipasi kerumuman orang.

“Untuk penutupan sampai dengan tanggal 1, dari pagi sampai jam 19.00 WIB. Dari tanggal 31 sampai tanggal 1. Setelah itu bisa normal kembali,” sambungnya.

Untuk wilayahnya, Kapolsek menentukan titik-titik yang berpotensi terjadi kerumunan diantarnya Meikarta, Distrik I, dan wilayah Cikarang Festival (Cifest) tepatnya Desa Ciantta, Cikarang Selatan.

“Ada sekitar 40 anggota yang terlibat dalam pengamanan malam ini diantaranya Koramil, Kecamatan, Satpol PP, Pokdar Kamtibmas dan dari Saka Bhayangkari juga ikut membantu dalam rangka mengamankan prosesi pergantian tahun 2020-2021,” tandasnya.

Sebelumnya di beritakan, Dalam menyambut pergantian tahun dari tahun 2020 ke tahun 2021, Kecamatan Cikarang Selatan memberikan beberapa imbauan kepada masyarakat terkait penerapan protokol Kesehatan Covid-19 harus dilakukan secara Ketat dan Tegas.

Camat Kecamatan Cikarang Selatan Agus Dahlan, mengatakan Pemerintah Kabupaten sebelumnya telah melarang kerumunan dan perayaan tahun baru di tempat umum demi mengantisipasi kenaikan kasus Covid-19.

Implementasi kebijakan tersebut Dalam Surat Edaran No. 300 /SE-88/ Bakesbangpol yang ditandatangani oleh Bupati Bekasi Eka Supria Atmaja.

“Disampaikan dalam surat edaran itu imbauan kepada masyarakat agar tertib dan disiplin serta mematuhi protokol kesehatan, terutama 3M, memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak. Masyarakat juga diminta membatasi aktivitas di tempat umum atau tempat keramaian,” kata Agus Dahlan ketika diruang kerjanya.

Agus menyebutkan, pihaknya berkordinasi dengan Kapolsek, Koramil dan Pemilik Kawasan Karena setelah di Identifikasi di Wilayah Cikarang Selatan, Bahwa titik keramaian ini ada Central Park, distri 1 Meikarta dan Mall Lippo Cikarang agar tidak ada aktifitas yang menimbulkan kerumunan massa dimalam pergantian Tahun Baru.

“Untuk itu, malam tahun baru pihaknya bersama dengan  Forum Forum Muspika Kecamatan akan melakukan monitoring terhadap aktivitas yang berada di wilayah Cikarang selatan yang intinya untuk meminimalis kerumunan massa, karena bagaimana juga pademi Covid-19 masih tinggi,” tuturnya.

(Jamil)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here