Jika UU Pemilu Belum Diubah

METRO CIKARANG– Pemilihan Kepala Daerah atau Pilkada Kabupaten Bekasi digelar pada 2024 mendatang. Padahal, akhir masa jabatan kepala daerah saat ini sampai dengan 2022.

Pelaksanaan Pilkada Kabupaten Bekasi pada 2024 mendatang itu berdasarkan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu. Selain Kabupaten Bekasi, Kota Cimahi dan Kota Tasikmalaya juga mengalami hal serupa.

“Untuk Pilkada kabupaten/kota yang terakhir dilaksanakan pada Februari 2017 maka Pilkada-nya lagi nanti di November 2024. Termasuk Kabupaten Bekasi,” kata Ketua KPU Kabupaten Bekasi Jajang Wahyudin, baru-baru ini.

Meski pelaksanaan Pilkada masih mengacu Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017, namun kata Jajang, saat ini muncul wacana pelaksanaan Pilkada pada 2022 besok. Wacana tersebut saat ini masih dibahas DPR RI dan Kementerian Dalam Negeri.

“Sedang dibahas di DPR RI dan Kemendagri yang sedang menyusun perubahan Undang-Undang Pemilu yang baru. Istilahnya normalisasi pemilihan kepala daerah. Tapi kita di KPU belum bisa memastikan. Menunggu Undang-Undang tersebut ditetapkan,” ujarnya.

Sekadar diketahui, Bupati Bekasi Eka Supria Atmaja akan berakhir masa jabatannya pada 2022 besok. Jika pelaksanaan Pilkada digelar pada 2024, maka untuk sementara roda pemerintahan akan dipimpin oleh pelaksana tugas (Plt). “Iya. Setelah masa jabatan bupati habis maka akan ditunjuk Plt Bupati oleh Kemendagri melalui provinsi,” ucap Jajang.

(mil/red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here