Sekdin DPMD, Enop Can

Jika Belum Serahkan Fasos Fasum

METRO CIKARANG – Perumahan di Kabupaten Bekasi yang belum menyerahkan fasos fasumnya ke Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi tidak boleh menyerap anggaran Dana Desa (DD).

” Sepanjang fasos fasum itu belum di serahkan kepada pemerintah daerah, itu masih menjadi tanggungjawab pengembang,” kata Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Bekasi Enop Can kepada onlinemetro, (5/10/2020).

Kewajiban pengembang itu di antaranya Jalan, saluran air, Penerangan Jalan Umum (PJU). Tapi ketika semuanya sudah di serahkan ke pemerintah daerah itu menjadi tanggungjawab Pemerintah Daerah.

“Jadi sebelum perumahan itu di serahkan kepada pemerintah daerah tidak boleh melakukan pembangunan fisik dari anggaran Dana Desa (DD),” jelasnya.

Sebelumnya di beritakan, Kepala Desa diduga menyamarkan laporan dengan tidak mencantumkan nama perumahan, hanya mencantumkan RT/RW beserta dusun saja di laporan.

“Iya, dulu kita akali tidak mencantumkan nama perumahan hanya RT RW saja, agar lolos verifikasi. Kalau dicantumkan nama Perumahan dan belum melakukan serah terima emang ga boleh,”Kata salah satu mantan Kepala Desa di Kabupaten Bekasi.

Ia menyebut hal itu dilakukan, agar warga perumahan yang belum serah terima fasos-fasum dapat menyerap pembangunan. Pasalnya perumahan yang belum serah terima juga tidak bisa menyerap APBD.

“Contoh dikita, perumahan lama pengembangnya sudah kabur. Kita kesulitan mencari informasi pengembangnya. Jadi puluhan tahun belum ada serah terima,”kata dia.

Menurut dia di Kabupaten Bekasi banyak pengembang yang pergi begitu saja usai membangun tanpa melakukan serah terima ke Pemda,”Kalau belum serah terima ya kasihan warganya. Sulit mendapatkan fasilitas pembangunan dari pemerintah. APBD pun tidak bisa diserap,”tuturnya.

Sebelumnya, Ketua Forum BPD Kecamatan Setu, Eras Rasidi mendesak perumahan segera melakukan serah terima fasos-fasum agar pemerintah desa dapat turut serta membangun.

“Di Kecamatan Setu, kita berharap pengembang segera melakukan serah terima ke pemda. Rekan-rekan Kepala Desa diharapkan segera berkomunikasi dengan pengembang,”kata Eras.

(mil/dim/red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here