Junaefi / Camat Tambun Selatan

METRO CIKARANG -Kecamatan Tambun Selatan menjadi salah satu wilayah penyebaran Covid-19 tertinggi di Kabupaten Bekasi. Peran Pengurus Rukun Tetangga (RT) Rukun Warga (RW) terus ditingkatkan oleh Pemerintah Kecamatan Tambun Selatan.

Pasalnya, Pengurus RT/RW menjadi tombak terakhir dalam penanganan dan penyebaran Covid-19. Camat Tambun Selatan, Junaefi mengatakan relawan gugus tugas tingkat RT/RW masih terus berjalan.

“Dalam penanangan Covid-19 ini kita benar-benar melibatkan pengurus RT/RW. RT/RW ini menjadi ujung tombak dalam pencegahan dan penanggulangan Covid-19. Komunikasi terbatas juga sudah dibentuk di skala RT/RW,”kata Junaefi.

Mantan Camat Muara Gembong ini menjelaskan agar untuk memberikan pemahaman pengurus RT/RW. Pemerintah Kecamatan terus memberikan edukasi kepada pengurus.

“Semua  harus bahu membahu dalam menangani Covid-19. Edukasi terus dilakukan oleh kecamatan dan desa. Harapan saya RT/RW ini tidak salah dalam penanganan,”ujar dia.

Pada relawan tingkat RT/RW, dijelaskan Junaefi diisi oleh pengurus dan kader posyandu. RT/RW juga diharapkan dapat turut serta memantau agar masyarakat taat protokol kesehatan.

Untuk pasien yang melakukan isolasi mandiri dijelaskan Junaefi harus mendapatkan dukungan dari lingkungan dan tidak boleh ada pasien yang dikucilkan.

“Lingkungan ini harus mensupport, jangan sampe ada yang dikucilkan. Kebutuhan korban diawasi dan dipenuhi oleh lingkungan,”ujar dia.

Jika RT/RW tidak sanggup dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari korban positif Covid-19. Junaefi memastikan akan memfasilitasi agar pasien dapat menjalani isolasi mandiri dengan baik.

“Kita upayakan pemberdayaan lingkungan, kalau memang sudah tidak bisa nanti Kecamatan yang memfasilitasi baik ke donatur ataupun dinas sosial,”ucapnya.

(dim/red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here