ILUSTRASI

METRO CIKARANG – Pengendalian banjir masih menjadi perhatian serius Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi. Satu di antaranya, Normalisasi Kali Bekasi. 

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Bekasi, Dedi Supriyadi mengungkapkan bahwa Pemkab bersama Pemkot Bekasi bakal normalisasi Kali Bekasi yang saat ini lebarnya hanya sekitar 20 meter akan menjadi 60 meter. 

“Ya rencananya kita akan bangun seperti Banjir Kanal Timur,” tegas dia, kemarin.

Dedi menjelaskan Kali Bekasi sepanjang 33 KM tersebut membentang dari Kota Bekasi hingga Kali Cikarang Bekasi Laut (CBL) Kabupaten Bekasi.

“Artinya pelebaran kali ini merupakan program bareng Pemkab dan Pemkot Bekasi serta pemerintah pusat,” tambah Dedi.

Menurut dia, normalisasi dari hulu hingga muara Kali Bekasi itu langsung dilakukan oleh pemerintah pusat dengan anggaran Rp4 triliun dari APBN 2020. Di mana, pemerintah daerah baik Pemkot dan Pemkab Bekasi menanggung biaya pembesan tanahnya. 

“Setidaknya pembebasan lahan  kita lakukan secara bertahap,” ujarnya.

Apalagi, sambung Dedi, beberapa titik Kali Bekasi juga banyak yang telah terkikis dan bantarannya runtuh. Ini juga yang menjadi salah satu penyebab banjir di musim penghujan.

Pelebaran Kali Bekasi diharapkan juga bisa mengurangi banjir di Bekasi, karena aliran air dipastikan menjadi lebih lancar.

(*/yud)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here