EKONOMI DESA: Rapat Penetapan RKPDes Burangkeng di Aula Kantor Desa, Selasa (13/10/2020).

METRO CIKARANG -Pemerintahan Desa (Pemdes) Burangkeng, Kecamatan Setu bakal melakukan dana desa pada 2021 untuk pemulihan ekonomi desa usai pandemi Covid-19.

Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Burangkeng,Dasir mengatakan selama pandemi Covid-19 ini dampak sosial dan ekonomi begitu terasa masyrakat desa.

“Tahun 2021 difokuskan dana untuk pemulihan ekonomo. Seperti pelatihan untuk ibu rumah tanggar agar dapat memberdayakan ekonomi,”kata Dasir usai penetapan RKPDes Burangkeng di Aula Kantor Desa, Selasa (13/10/2020).

Selain pemberdayaan, juga ada penanganan kesehatan dan Padat Karya Tunai Desa (PKTD),”Kita sudah beberapa kali rapat dengan pemdes. Ini tinggal penetapan RKPDes saja,”ujarnya.

Kepala Desa Burangkeng, Nemin mengatakan untuk tahun 2021 sesuai Permen Nomor 13 Tahun 2020,”Prioritas peningkatan sumber daya masyarakat, stunting dan PDKT,”kata Nemin.

RKPDes ini kata Nemin penting untuk perencanaan penggunaan anggaran tahun mendatang,”Jangan sampai ga ada acuan.Tadi kita sampaikan ini baru perencanaan. Kalau APBDes sudah final,”paparnya.

Nemin berharap pandemi Covid-19 segera berakhir agar pembangunan desa dapat berjalan sesuai rencana,”Kita lihat covid sudah kelar belum. Kalau belum dan pemerintah harus ada bantuan langsung tunai sudah pasti banyak yang dicoret,”paparnya.

(dim/red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here