METRO CIKARANG – Jumlah permintaan menjadi pelanggan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Bhagasasi Bekasi, terus meningkat. Sedangkan, ketersediaan sumber air baku PDAM tidak pernah bertambah atau meningkat.

Untuk itu, perusahaan daerah milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi dan Pemkot Bekasi ini, harus menyiasati sumber air baku yang ada guna memenuhi keinginan pelanggan.

“Saat ini, pelanggan PDAM mencapai 300.000 sambungan langganan (SL),” ungkap Direktur Utama PDAM Tirta Bhagasasi Bekasi, Usep Rahman Salim, Rabu (24/6).

Menurut dia, peningkatan permintaan menjadi pelanggan tersebut terkait dengan laju pertumbuhan penduduk dan pesatnya pembangunan perumahan di Kota dan Kabupaten Bekasi. “Pertumbuhan penduduk di Kabupaten dan Kota Bekasi, lebih dari empat persen per tahun,” tuturnya. 

Terdata, penduduk di Kabupaten Bekasi saat ini mencapai 3,6 juta jiwa dan penduduk di Kota Bekasi mencapai 2,7 juta jiwa.

Terkait hal itu, proyeksi kebutuhan air PDAM Tirta Bhagasasi Bekasi, juga meningkat dari tahun ke tahun. Pelanggan PDAM tahun 2017 sebanyak 220.196 pelanggan, tahun 2018 sebesar 234.781 pelanggan, tahun 2019 sebanyak 268.368 pelanggan, dan tahun 2020 mencapai 303.854 pelanggan.

“Perencanaan bisnis PDAM, tahun 2021 jumlah pelanggan diproyeksikan mencapai 341. 332 pelanggan, tahun 2022 sebanyak 380.893 pelanggan dan tahun 2023 sebanyak 422.638 pelanggan,” bebernya.

Dia menjelaskan, target ini dapat dicapai jika ketersediaan air baku tercukupi dan nilai investasi perusahaan cukup tersedia sekitar Rp 5 triliun.

Investasi itu sangat dibutuhkan guna pembangunan instalasi pengolahan air (IPA) serta pembangunan jaringan pipa yang membutuhkan biaya besar.

“Karena investasi berupa penyertaan modal dari kedua pemerintah daerah sangat terbatas, maka PDAM menjalin kerja sama dengan badan usaha swasta dengan prinsip saling menguntungkan,” imbuhnya.

Sementara, pegawai PDAM Cabang Pondokungu melakukan pembersihan sampah di Kali Harapan Indah, siang ini. Kali ini menjadi sumber air baku bagi PDAM Tirta Bhagasasi Cabang Pondokungu.

(Cikarang Ekspres)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here