Hendra Gunawan

METRO CIKARANG – Lebih dari sepekan setelah penutupan aktivitas galian C ilegal di Desa Kertarahayu, Kecamatan Setu oleh Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul. Polres Metro Bekasi masih terus mendalami kasus itu. 

Kapolres Metro Bekasi, Kombes Pol Hendra Gunawan memastikan memantau langsung perkembangan kasus galian ilegal yang ditutup langsung oleh orang nomor di Jawa Barat itu.

“Belum, (menerima laporan Pemprov,red). Kita masih menunggu karena itu kan terkait lingkungan hidup. Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) punya hak untuk melakukan penyidikan,” kata dia kepad awak media. 

Hasil temuan Wakil Gubernur itu dikatakan Hendra, pihaknya segera berkoordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH)  Kabupaten Bekasi dan ESDM Jawa Barat. 

“Kita akan berkoordinasi, stepnya pemeriksaan dari PPNS dari mereka dulu. Nanti jika secara administrasi itu dia melanggar dan ada pidananya, PPNS bisa melakukan pemeriksaan,” ucapnya. 

Sebelumnya Uu mengatakan, karena pihak pemborong tak kunjung menggubris dorongan pemrintah untuk mengurus izin. Ia akan  mempidanakan mengenai penggalian tanah tanpa mengantongi Izin Usaha Pertambangan (IUP).

(dim/uzi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here