METRO CIKARANG – Sekitar sembilan puluh komunitas relawan lingkungan hidup dan sosial yang ada di Kabupaten Bekasi, menggelar aksi membersihkan sampah yang ada di bantaran kali Cikarang, kemarin (17/8)

Aksi yang diberi nama Gerakan 1000 Relawan Memerdekakan Kali Cikarang tersebut, dimulai dengan upacara memperingati HUT RI ke 75 di lingkungan hutan bambu, kemudian dilanjutkan melaksanakan kegiatan menyusuri kali Cikarang sepanjang 2,5 km guna memungut sampah plastik yang ada.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bekasi, Peno Suyatno mengatakan pihaknya mendukung aksi yang digagas para relawan pecinta lingkungan hidup. 

Menurut dia, kedepannya komunitas – komunitas tersebut akan didata dan dikukuhkan agar bisa bersinergi dengan pemerintah dalam menciptakan bantaran kali yang bersih.

“Tentunya langkah kedepannya kami akan mendata serta akan kita kukuhkan agar mereka semangat, apa saja keperluan mereka akan kita data yang penting kali ini bisa bersih kembali” ujar Peno.

Para peserta aksi sempat dikejutkan dengan kehadiran Bupati Bekasi Eka Supria Atmaja yang tidak direncanakan kunjungan tersebut sebelumnya.

Disela – sela kunjungannya Bupati Eka mengatakan, Pemkab Bekasi akan selalu mendukung aksi Save Kali Cikarang yang mengusung tema 1000 Relawan Memerdekakan Kali Cikarang.

“Artinya langkah kongkrit dari kami Pemerintah Kabupaten Bekasi akan membeli peralatan pengeruk sampah guna memudahkan pemantauan volume sampah khususnya yang ada dikali Cikarang” ungkap Eka.

Ia juga berharap dengan adanya aksi yang digagas oleh komunitas Save Kali Cikarang, bisa menjadi motivasi dalam menumbuhkan serta meningkatkan kesadaran masyarakat dalam ikut berpartisipasi menjaga kebersihan lingkungan wilayah Kabupaten Bekasi.

(Yudi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here