METRO CIKARANG – Dinas Sumber Daya Air Bina Marga dan Bina Konstruksi (SDA-BMBK) Kabupaten Bekasi, telah menyelesaikan pembangunan Sheet Pile (tembok penahan air) di Kali Ciherang Desa Karang Satu, Kecamatan Karang Bahagia.

Kemarin (22/12), Kepala Bidang (Kabid) pada SDA-BMBK Kabupaten Bekasi Sukmawaty pun meninjau proyek pembangunan Sheet Pile dengan panjang 14 meter/buah di tancapkan sebanyak 147 buah di sepanjang Kali Ciherang.

Proyek tersebut dibangun mengunakan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APDB) 2020.

Kabid SDA-BMBK Sukmawaty mengatakan, pembangunan sheet pile itu untuk mencegah agar tidak terjadinya luapan air dari kali ciherang.

Sebelum dibangun sheet pile, jalan tanggul banyak yang longsor dan sempit karena tergerus luapan air kali ciherang, Kali ciherang sendiri merupakan muara dari tujuh aliran sungai.

” Ini kita ambil titik kritisnya aja, jadi pas benturan airnya saja,” kata Sukmawaty kepada Cikarang Ekspres, Rabu (22/12).

Selain mengerjakan sheet pile, kata Sukma, sarana jalan juga di perbaiki. Tadinya kurang lebih hanya tiga meter kini jalan tersebut lebar kurang lebih lima meter.

” Pengecorannya kita serahkan ke pihak desa untuk di masukan ke musrenbang,” ujarnya.

Sukma berharap, dengan di bangunnya sheet pile akses jalan tidak terputus dan tidak longsor.

” Mudah-mudahan pembangunan ini ada bermanfaatnya bagi masyarakat, ” harapnya.

Sementara itu, salah satu warga setempat mengatakan, Pihakanya sangat berterima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Bekasi (Pemkab) yang sudah membangun sheet pile.

” Alhamdulillah warga di sekitar sini tidak kebanjiran lagi, dulu kalau banjir sawah udah kaya lautan bang, apa lagi kalau banjir lima tahunan akses jalan juga putus bang,” tandasnya.

(Jamil)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here