Camat Cikarang Selatan, Agus Dahlan

Jelang Pelaksanaan Pikades Serentak

METRO CIKARANG – Desa Ciantra, Kecamatan Cikarang Selatan, Kabupaten Bekasi lakukan simulasi pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak di halaman Desa Ciantra, Kamis (3/12) beberapa hari yang lalu.

Dimana, Desa Ciantra merupakan salah satu desa dari 16 desa yang mengikuti Pilkades serentak dengan dua calon kepala desa (Calkades).

Simulasi tersebut sebagai tindak lanjut arahan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Bekasi.

Sebab, Pilkades kali ini beda dengan Pilkades-pilkades sebelumnya, yaitu di gelar di masa pamdemi virus korona.

Sehingga, setiap desa yang mengikuti Pilkades wajib mematuhi protokol kesehatan (Prokes). Hal itu untuk mencegah penularan atau mencegah terjadinya klaster baru Pilkades.

Camat Cikarang Selatan Agus Dahlan mengatakan, pihaknya sudah menyampaikan mekanisme pelaksanaan Pilkades, dan peraturan-peraturan Pilkades terhadap panitia di tingkat Desa Ciantra.

“ Hari ini (3/12,red) kita melakukan simulasi yang di selenggarakan panitia Pilkades Ciantra di hadiri Muspika, Puskes karena sekarang ini sedang Covid-19, jadi bagaimana Prokes di kedepankan dalam Pilkades jangan sampai dalam Pilkades ada klaster baru,” kata Agus.

Agus berharap, pihaknya ingin Pilkades serentak ini berjalan dengan lancar, damai dan tidak terjadi klaster baru Pilkades.
Agus Juga menekankan kepada Badan Permusyawaratan Desa (BPD) sebagai wasit yang memberikan Surat Keputusan (SK) kepada panitia Pilkades harus netral dan obyektif.

“ Walaupun di dalam hatinya punya pilihan pastilah punya pilihan, tapi dalam pelaksanaan harus tetap obyektif dan netral, dan itu namanya profesional,” tandasnya.

Selain itu, Pemerintah Kecamatan Cikarang Selatan beserta gugus tugas Covid-19 tidak henti-hentinya mengkampanyekan Prokes, dimana wilayah kecamatan tersebut masuk tiga besar terbanyak kasus Covid-19 di Kabupaten Bekasi.

“ Kita bersama tim satgas Covid-19 kecamatan bekerjasama dengan tim satgas Covid-19 Kabupaten dan satgas Covid-19 desa kita selalu mengimbau masyarakat untuk mematuhi Prokes,” tuturnya.

Selanjutnya, kata Agus, kita juga memberikan penegasan terhadap masyarakat soal Prokes, salah satunya membagikan masker, hansenetiser dan kita kerjasama dengan Satpol-PP Kabupaten mengadakan terkait peraturan penegakan soal Covid-19.

“Bebrapa minggu lalu sudah di lakukan di daerah cifes cikarang selatan,” ujarnya.

“Intinya disitu kita lakukan pembinaan terhadap masyarakat dengan memberikan sanksinya seperti push up, menyanyikan lagu indonesia raya. intinya bagaimana menyadarkan masyarakat kita tentang Prokes,” tandasnya.

(mil/red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here