METRO CIKARANG – Peran camat untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daeah (PAD) sektor Pajak Bumi dan Bangunan (PBB ) sangat efektif. Maklum saja, sektor pajak lain seperti restoran dan hotel cukup berat di tengah pandemi ini.

Hal itu diungkapkan Camat Cibarusah Muhamad Kurnaefi kepada Cikarang Ekspres, usai acara rapat minggon, Rabu (15/7).

“Ya paling bisa didongkrak itu di PBB, karenakan kalau PBB bukan usaha tapi kepemilikan penggunaan lahan dan bangunan. Jadi disitu bisa diharapkan dan bisa digenjot,” kata dia.

Pada prinsipnya, sambung Kurnaefi, kecamatan merupakan bagian dari Pemerintah Kabupaten Bekasi yang terus mengawal pemasukan PAD di wilayah.

“Yang merasakan kan kami, duit pembangunan kan dari pajak juga. Ya kita wajib untuk menggenjot PAD. Karena yang merasakan pembangunan juga masyarakat,” bilang dia.

Pihak kecamatan siap bersinergi dengan bapenda dalam optimalisasi penerimaan pajak daerah khususnya PBB dan pajak daerah lainnya yang ada di wilayah kecamatan.

Ia juga mengingatkan para kepala desa se-Cibarusah memotiasi warganya taat membayar PBB..memberi sosialisasi kepada warganya bahwa pembangunan yg dilakukan pemerintah kabupaten bekasi salah satu sumbernya dari pendapatan PBB.

“Ya kan sama untuk pembangunan di desa juga, dana alokasi desa (DAD) dari PBB dan pajak daerah lainnya serta restribusi juga. Kalau PBB berkurang DAD juga berkurang. Jadi sama-sama memotivasi lah “ bilangnya.
(mil)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here