METRO CIKARANG – Bupati Bekasi sekaligus Mabicab Pramuka Kabupaten Bekasi, Eka Supria Atmaja bakal menerima penghargaan Lencana Dharma Bakti. Yakni penghargaan bergengsi dari kwartir nasional kepada insan pramuka yang telah menyumbangkan tenaga, pikiran, milik, dan fasilitas yang cukup besar, serta membantu kelancaran kegiatan pembinaan dan pengembangan gerakan pramuka. 

Penghargaan tersebut akan dianugerahkan pada perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Pramuka Tingkat Jawa Barat di Kota Bandung. 

Jumat (14/8) kemarin, Bupati Eka bertindak sebagai Pembina Upacara peringatan Hari Ulang Tahun Pramuka ke-59 Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Bekasi di Lapangan Plaza Pemkab setempat. 

Menurut dia, masa pandemi Covid-19 ini pramuka telah berperan aktif dalam upaya pencegahan dan penanggulangan Covid-19 dengan ikut mensosialisasikan protokol kesehatan kepada masyarakat

“Pramuka juga ikut berkreasi membuat dan membagikan masker dan handsanitizer, baik yang digunakan sendiri maupun untuk dibagikan kepada yang membutuhkan. Pramuka juga ikut  menyiapkan bantuan makanan yang dibagikan gratis kepada yang membutuhkan,” ujar Bang Eka -sapaan karibnya-

Selain itu, sambung dia, Pramuka juga aktif dalam gerakan melakukan penyemprotan desinfektan maupun gerakan yang lainnya yang dibutuhkan untuk menanggulangi wabah Covid-19.

Bang Eka menambahkan, bencana alam dan wabah Covid-19 membuat berbagai aktivitas dihentikan, baik di bidang perekonomian maupun seni budaya. Namun hal itu tidak lantas membuat kegiatan Pramuka turut berhenti.

“Saya minta pramuka untuk tetap aktif dalam melaksanakan kegiatan bakti sosial, bakti masyarakat, dan pembangunan masyarakat saat pandemi Covid-19 yang tengah melanda saat ini,” tegas dia.

“Serta selalu tanggap dan mengambil bagian dalam upaya penanggulangannya. Dimulai dari hal kecil bagi anggota pramuka itu sendiri, seperti mendidik pentingnya menjaga kebersihan tubuh, termasuk rajin mencuci tangan dengan sabun, menggunakan masker bila bepergian keluar rumah, dan menjaga jarak di keramaian,” jelas Bang Eka.

Tema Hari Pramuka tahun ini adalah “Peran Gerakan Pramuka Ikut Membantu Dalam Penanggulangan Bencana Covid-19 dan Bela Negara”. Menurut dia, tema tersebut juga menjadi tema utama dari seluruh aktivitas dan kegiatan gerakan pramuka pada tahun 2020 ini.

“Tema tersebut adalah perwujudan dari semangat para pramuka untuk ikut membantu menanggulangi bencana Covid-19, yang sampai saat ini masih menjadi masalah besar bagi Bangsa Indonesia, bahkan di seluruh dunia juga mengalaminya,” bilang dia.

Upacara tersebut dihadiri oleh seluruh kepala perangkat daerah dan Forkopimda Kabupaten Bekasi, serta para ketua kwartir daerah, kwartir cabang, kwartir ranting, dan para pembina gugus depan gerakan pramuka di Kabupaten Bekasi.

Dalam kesempatan ini pula, diserahkan tanda penghargaan Lencana Melati dan Lencana Panca Warsa kepada insan-insan pramuka di Kabupaten Bekasi.

(Yudi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here