METRO CIKARANG – Peranan BUMDes Sukaresmi yang berada di wilayah industri begitu potensial untuk dikembangkan. Bukan hanya usaha suplai kebutuhan perusahaan yang dapat dikembangkan, wisata industri dilihat cukup bagus dikelola oleh BUMDes Sukaresmi dengan membentuk kelompok sadar wisata industri (Pokdarwis) lebih dulu.

Menurut Anggota Komisi I DPRD Kabupaten Bekasi, Budiyanto, wisata industri tidak ubahnya seperti wisata lainnya seperti ragunan dan taman binatang yang sering dikunjungi banyak orang.

“Bedanya hanya objeknya, kalau taman binatang yang diperlihatkan adalah binatang seperti monyet, gajah harimau dan lainnya. Kalau wisata industri, yang dikenalkan adalah perusahaan, seperti PT, apakah PT penghasil makanan, minuman, elektronik, Otomotif atau lainnya,” jelas Budiyanto.  

Menurut Budiyanto, wisata industri tinggal konsepnya saja dibuat lebih menarik. Bikin paket wisata, kerjasama dengan pengelola kawasan, minta legalitas kelompok sadar wisata industri dari Pemda Kabupaten Bekasi, lalu disetting menjadi sebuah objek wisata.

“Kita siapkan parkiran, siapkan bus untuk calon wisatawan, kita siapkan tourgaet dan tempat makan. Dengan adanya 200 perusahaan di Sukaresmi, kita perkuat wisata industri yang dikelola oleh BUMDes Sukaresmi selain urusan bisnis – bisnis yang lain,” sarannya.

“Dengan konsep wisata industri yang lebih menarik dan keberadaan 200 perusahaan yang ada di Sukaresmi, kita perkuat wisata industri dikelola oleh BUMDes selain urusan bisnis- bisnis yang lain,” lanjut politisi PKS itu.

Sementara itu, Ketua BUMDes Sukaresmi Ahmad Sibaweh mengucapkan sangat terima kasih atas arahan dan bekal yang diberikan oleh Dewan Budiyanto siang itu. Dukungannya kepada BUMDes Sukaresmi  memberikan kami pandangan lebih luas terkait pengembangan usaha BUMDes dan konsep wisata industri yang di sampaikan.

“Saya berharap ini bukan hanya sebuah motivasi tak berarti, tapi merupakan sebuah motivasi yang mampu membangkitkan ghiroh atau semangat pengurus BUMDes Sukaresmi, sehingga mampu membawa perubahan terhadap perkembangan ekonomi di wilayah desa sukaresmi pada khususnya,” katanya.

(tin/uzi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here