METRO CIKARANG -Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Burangkeng mulai melirik usaha pertanian sebagai upaya menjaga ketahanan pangan ditengah krisis lahan pertanian.

Direktur BUMDes Burangkeng, Carsa Hamdani mengatakan kedepan konsepnya usaha pertanian yang dirintis akan bekerjasama dengan masyarakat.

“Nanti akan ada semacam pasar kampung dimana memasarkan produk-produk pertanian dari masyarakat Burangkeng sendiri,”kata Carsa.

Oleh sebab itu, masyarakat diminta untuk memanfaatkan lahan-lahan tidur yang tersedia di masing-masing lingkungan untuk menjadi lahan produktif. 

“Mulai sekarang masyarakat harus bisa memanfaatkan lahan tidur jadi lahan produktif, mulai menanam bibit. Nanti hasil pertanian akan dibeli BUMDes untuk dipasarkan di pasar kampung itu,”paparnya.

Kaloborasi dengan masyarakat ini diyakini Carsa dapat menjaga ketahanan pangan masyarakat. BUMDes bersama Pemerintah Desa bakal mensubsidi bibit dan pupuk untuk masyarakat.

“Masyarakat jadi tidak usah takut hasil pertanian tidak akan dibeli. Untuk di perumahan yang minim lahan tidur diusahakan untuk hidroponik,”kata dia.

(dim/red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here