METRO CIKARANG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo memuji perkembangan pembangunan di Kabupaten Bekasi yang dinilainya sudah maju dan bisa dijadikan contoh untuk daerah lain.

Hal tersebut disampaikan oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kabupaten Gorontalo, Rahmat Doni Lahati saat memimpin studi banding penerapan inovasi daerah di Gedung Diskominfosantik Kabupaten Bekasi, Cikarang Pusat, Kamis (12/11).

“Kesan saya tentang pembangunan di Kabupaten Bekasi ini luar biasa, terutama penataan ruangnya, penataan perkantoran, penataan zona industri, Insya Allah bisa dijadikan contoh untuk pengembangan Kabupaten Gorontalo ke depan,” ujarnya.

Dalam studi banding Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kabupaten Gorontalo tersebut, Rahmat menilai, kordinasi dan sinkronisasi yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Bekasi terhadap program Balitbang sudah berjalan dengan baik sehingga bisa diaplikasikan di dinas-dinas instansi yang ada.

“Yang patut kita akui adalah kordinasi dan sinkronisasi yang dilakukan di Kabupaten Bekasi terhadap program Balitbang sudah terdistribusikan dan teraplikasikan dengan baik. Mekanisme pengembangan dan penelitian menjadi sebuah kebijakan dan mejadi inovasi. Ini yang kita pelajari, karena di Gorontalo hal-hal seperti itu masih kurang,” tuturnya.

Pihaknya berharap ke depan Pemerintah Kabupaten Gorontalo akan lebih intensif untuk berkunjung dan belajar dari Kabupaten Bekasi.
Sementara itu Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Kabupaten Bekasi, Entah Ismanto mengatakan, kunjungan Balitbang Kabupaten Gorontalo untuk bertukar pikiran dalam mencari inovasi-inovasi yang baik di kedua daerah.

“Selain studi komparasi, kunjungan ini sekaligus silaturahmi dan tukar pikiran. Kami ingin membuat inovasi-inovasi yang bisa diimplementasikan di kedua daerah, baik di Kabupaten Bekasi maupun di Kabupaten Gorontalo,” tukas dia.

(Yudi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here