METRO CIKARANG – Setiap tanggal 22 Oktober, masyarakat Indonesia memperingati Hari Santri Nasional. Tahun ini, Hari Santri yang diperingati berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia (RI) Nomor 22 Tahun 2015, mengusung tema “Santri Sehat Indonesia Kuat”.

Perayaan Hari Santri tahun ini memang berbeda dari tahun lalu, karena Indonesia masih belum lepas dari pandemi Covid-19. Akan tetapi, kondisi ini tentu tidak mengurangi antusias masyarakat, khususnya para santri dalam merayakan Hari Santri Nasional

Dalam kesempatan itu, Bupati Bekasi, Eka Supria Atmaja menghadiri Upacara Peringatan Hari Santri Nasional Tingkat Provinsi Jawa Barat tahun 2020 secara virtual melalui Video Conference, Kamis (22/10).

Bertindak sebagai Pembina Upacara, Gubernur Jawa Barat (Jabar), Ridwan Kamil yang turut diikuti oleh Kepala Daerah tingkat Jabar. Acara berlangsung dari Gedung Sate yang dihadiri oleh unsur Forkopimda, Muspida, ulama, kyai, serta para santri.

Dalam wawancaranya, Bupati Eka mengucapkan selamat hari santri tahun 2020. Ia berharap hari santri dapat dijadikan momentum bagi para santri, khususnya yang ada di Kabupaten Bekasi agar dapat berkontribusi dan bermanfaat bagi masyarakat.

“Saya ucapkan selamat hari santri. Semoga momentum ini dapat dijadikan untuk santri yang ada, khususnya di Kabupaten Bekasi dapat bermanfaat bagi masyarakat. Serta dapat menjadi penerus bangsa yang memiliki karakter,” jelas Eka.

Ia meminta, para santri bisa menerapkan protokol kesehatan yang berlaku. Menurut Eka, pandemi Covid-19 tidak mengurangi santri untuk terus berprestasi. Sehingga nantinya mereka dapat ikut berkontribusi untuk membangun Kabupaten Bekasi.

 “Tentu saja harapannya, di momen Hari Santri ini, para santri dapat belajar dan berkontribusi dengan baik yang nantinya bermanfaat. Peran santri selama ini belajar, dengan belajar sungguh-sungguh santri ini dapat kembali kepada masyarakat dengan apa yang mereka dapat. Terlebih di masa pandemi seperti ini,” terangnya.

Merujuk data yang berhasil dihimpun, terdapat 219 pesantren yang tersebar di 23 Kecamatan di Kabupaten Bekasi. Dengan terbanyak, berada di wilayah Kecamatan Cibarusah dan Tambun Selatan. Hal itu menjadi aset untuk Pemerintah Kabupaten Bekasi, yang diharapkan para santri dapat tumbuh menjadi santri-santri yang unggul, guna membantu Pemerintah Kabupaten Bekasi dalam menjaga perdamaian dunia.

Sementara itu, Ridwan Kamil menuturkan, modal utama para santri yakni tradisi kedisiplinan yang telah diajarkan. Kang Emil, begitu sapaan akrabnya, mengajak untuk sama-sama berjuang agar pandemi Covid-19 segera dapat dilalui.

“Kita sama-sama berikhtiar agar pandemi ini segera berlalu, keluarga besar pesantren, santri dan masyarakat Indonesia dan warga dunia dapat melewati pandemi ini dengan baik. Terimakasih Santri Indonesia, atas peran dan kontribusinya kepada umat bangsa dan negara. Selamat Hari Santri,” pungkasnya.

(Yudi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here