METRO CIKARANG – Kualitas Sumber Daya Manusia (SDM)  aparatur desa perlu digenjot ditengah pesatnya pembangunan di Kabupaten Bekasi.  Salah satunya meningkatkan kemampuan akademis para aparatur desa. 

Sekretaris Asosiasi Pemerintah Desa (Apdesi) Kabupaten Bekasi, Jaut Sarjawinata mendukung peningkatan kualutas SDM aparatur desa melakui jalur akademisi. 

“Sepanjang tidak berbenturan dengan regulasi ya tidak masalah, asalkan ada aturan dari pemerintah terkait peningkatan akademisi aparatur desa,” kata Jaut kepada awak media. 

Jaut mengatakan, selama ini upaya peningkatan kualitas SDM aparatur desa sudah diupayakan pemerintah salah satunya dengan mengadakan bimbingan-bimbingan untuk aparatur desa. 

“Untuk kualitas aparatur desa, saat ini sudah lebih baik dari sebelumnya. Apdesi juga selalu berupaya meningkatkan kualitas aparatur desa,” ujar dia. 

Jaut meyakini, kepala desa memilih aparatur desa yang memang berkompeten dan dipercaya dalam melaksanakan tugas. “Memang ada tim disana.  Asalkan tidak melanggar peraturan tidak masalah,” tuturnya. 

Terkait masih adanya aparatur desa yang masih memiliki ijasah SMP,  jaut tidak sependapat untuk diganti,  melainkan Pemerintah Desa dapat memfasilitas aparatur desa mengikuti ujian kesetaraan. 

Baginya, kunci keberhasilan pemerintah desa dalam bidang pelayanan adalah aparatur desa yang memiliki dedikasi tinggi. 

(dim/uzi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here