METRO CIKARANG – Bea Cukai Bekasi, kunjungi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi dan Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi secara bergiliran. Langkah ini dalam rangka meningkatkan pemahaman terkait dana bagi hasil cukai hasil tembakau (DBHCHT) kepada instansi pemerintah daerah.

Kepala Kantor Bea Cukai Bekasi, Bobby Situmorang mengungkapkan DBHCHT adalah dana yang dialokasikan dalam APBN kepada daerah berdasarkan angka persentase tertentu dari pendapatan negara untuk mendanai kebutuhan daerah dalam rangka pelaksanaan desentralisasi kepada daerah penghasil cukai/tembakau.

Bahkan, DBHCHT dapat dimanfaatkan sebagai bentuk jaminan iuran kesehatan masyarakat dan aksi sosialisasi gempur rokok ilegal. 

“Pemanfaatan tersebut dapat semakin optimal melalui jalinan sinergi yang makin baik antara Bea Cukai dan pemerintah daerah Bekasi,” ujar dia.

Kunjungan Bea Cukai Bekasi ke Pemkab Bekasi berlangsung pada Jumat (04/12). Dalam kesempatan tersebut, Bea Cukai Cikarang juga ikut dalam kunjungan tersebut. Sementara kunjungan ke Pemkot Bekasi dilakukan pada Rabu (10/12).

Sekretaris Daerah Bekasi Uju menyambut baik sinergi ini dan menawarkan kerja sama baik kepada bea cukai. 

Menurut dia, kerja sama akan dilakukan melalui pertukaran data, informasi, dan fasilitas sehingga tugas dan fungsi antar pemerintah dapat terlaksana semakin optimal. 

“Ya diharapkan jalinan sinergi ini dapat membuahkan inovasi luar biasa yang berujung pelayanan prima bagi masyarakat serta pemanfaatan yang lebih optimal dari DBHCHT,” imbuh Uju. 

(Yudi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here