METRO KARAWANG – Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) serahkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) ke nasabah Bank BRI Unit Gempol, Muhaimain.

Penyerahan simbolis KUR BRI Cabang Cikampek ini dilakukan di acara Panen Raya, Desa Bayurlor, Kecamatan Cilamaya KulonKabupaten Karawang, Sabtu (6/6).

“Sektor pertanian terbukti mampu bertahan di tengah pelambatan perekonomian nasional maupun global. Bahkan mampu menciptakan pertumbuhan positif khususnya kesempatan kerja,” kata Mentan SYL

KUR ini berasal dari Bank BRI senilai Rp 500 juta diserahkan kepada satu orang penerima simbolis. Penyaluran KUR oleh Kementerian Pertanian (Kementan) ini juga didukung pengembangan Komando Startegis Pembangunan Pertanian (KostraTani). Program ini diharapkan mempercepat pembangunan di pedesaan menuju pertanian maju, mandiri dan modern.

“Strategi tersebut digerakkan oleh balai penyuluhan pertanian atau BPP sebagai pusat pelaksanaan KostraTani. Yaitu melalui peningkatan efektivitas dan peran penyuluhan pertanian, dengan meningkatkan kemampuan dan kompetensi penyuluh pertanian,” papar Mentan SYL

Menurut dia, Indonesia memiliki kekayaan alam yang luar biasa. Termasuk Jawa Barat khusunya Karawang sebagai salah satu daerah yang memiliki potensi besar pada sektor pertanian.

Dalam kesempatan yang sama, Pemimpin Cabang BRI Cikampek, Budi Setia Nusa mengatakan penyerahan KUR secara simbolis ini bertepan dengan kunjungan menteri pertanian. Di mana Muhaimin merupakan nasabah BRI yang selama ini memang memiliki riwayat peminjaman baik.

“Jadi Pak Haji Muhaimin merupakan nasabah BRI Cabang Cikampek, karena memiliki riwayat baik selama menjadi nasabah. Maka hari ini (kemarin,red) kita mengucurkan pinjaman sebesar Rp.500 juta guna keperluan penggilingan padi,”kata Budi Setia Nusa.

Muhaimain mengaku senang dipercaya sebagai nasabah bisa mendapat pinjaman sebesar Rp.500 juta.

“Saya sendiri sudah menjadi nasabah Bank BRI Cabang Cikampek,tepatnya Unit Gempol sejak tahun 1990. Dengan kepercayaan ini,saya sangat terbantu dalam memajukan usaha,kali ini guna mendukung usaha penggilingan padi,”ungkapnya.

Kata Muhaimin, dengan bimbingan dan pinjaman KUR BRI ini sangat membantu dalam usaha, terutama bimbingan dan pendampingan yang diberikan BRI sangat membantu.

“Ketepatan saya dalam membayar ansuran,tidak lepas dari bimbingan dan pendampingan BRI,sehingga usaha bisa terus berkembang,”pungkasnya.

(Hudri)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here