METRO BEKASI – Lima daerah di Provinsi Jawa Barat, akan mendapatkan program langit biru dari Pertamina. Yakni, Kabupaten/Kota Bekasi, Kabupaten Bogor, Cianjur, Sukabumi.

Program ini sebagai bentuk edukasi dan dukungan kepada Pemerintah sesuai Peraturan Pemerintah No. 41 tahun 1999 tentang Pengendalian Pencemaran Udara. 

Kepala Bagian Humas Pemerintah Kota Bekasi Sajekti Rubiah, total ada 16 SPBU bakal melayani program pertamina ini karena menjadi rute angkutan umum.

Bahkan, Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi menerbitkan Surat Edaran Nomor 488/7003/Setda.Hum terkait sosialisasi program ini.

Kota/Kabupaten Bekasi dan Kabupaten Bogor sama-sama memberlakukan program ini mulai Sabtu, sedangkan di Cianjur dan Sukabumi diberlakukan mulai Minggu.

Vice President Promotion & Marketing Communication PT Pertamina, Arifun Dhalia mengatakan pihaknya terus menyediakan BBM jenis Pertalite seharga Premium di sejumlah daerah. Hingga akhir November, ditargetkan ada 85 kabupaten/kota di pulau Jawa, Madura, dan Bali (Jamali) yang akan merasakan harga khusus tersebut.

Selama berlakunya program itu, sambung dia, masyarakat akan menikmati diskon Pertalite Rp 1.200 menjadi Rp 6.450 per liter, atau setara dengan Premium. Namun potongan harga itu hanya sementara, Pertamina secara bertahap akan mengurangi besaran diskon yang diberikan.

“Pemberian diskon dilakukan secara bertahap. Pertama diskon Rp 1.200 per liter selama 2 bulan, lalu diskon Rp 800 per liter selama 2 bulan, turun lagi jadi Rp 400 selama 2 bulan. Setelah itu harga Pertalite akan kembali normal atau tanpa diskon,” jelas dia dalam webinar yang diselenggarakan YLKI, Rabu (18/11/2020)

Penawaran menarik ini hanya bisa dinikmati oleh konsumen kendaraan bermotor roda dua dan roda tiga, angkut.

“Jadi mohon maaf taksi plat hitam tidak dapat. Juga otomatis mobil pribadi yang selama ini mengkonsumsi Premium diwajibkan mengonsumsi RON dengan kandungan yang lebih baik, yang menunjang lingkungan hidup,” ucapnya.

Selain Jabar, dua daerah Banten yaitu Kabupaten Serang dan Kota Cilegon serta dua daerah Jawa Tengah (Kabupaten Tegal, Jepara).

Lalu, Jawa Timur – Kabupaten Sidoarjo, Malang, Surabaya, Tuban, Probolinggo, Situbondo, Lumajang, Tulungagung, Pacitan, Blitar, Trenggalek. Serta Bali (Kabupaten Klungkung, Badung, Bangli).

(Yudi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here