METRO BEKASI – Anugerah Innovative Government Award (IGA) 2020 yang dicanangkan Kemnterian Dalam Negeri (Kemendagri), berakhir pasa Jumat (18/12/2020) di Hotel Sultan Jakarta.

Kota Bekasi bersama Kota Sukabumi dan Kabupaten/Kota Bogor masuk predikat daerah terinovatif. Penyerahan Penganugerahan IGA 2020 merupakan salah satu cara dalam melaksanakan pengukuran indeks tersebut.

Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi pun menerima penghargaan tersebut dari Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian. 

“Alhamdlulilah hari ini, Pemkot Bekasi dapat penghargaan IGA Tahun 2020,” kata dia.

Pepen -panggilan akrab Rahmat Effendi- meengaskan bahwa Pemkot Bekasi berkomitmen untuk terus mengembangkan invensi dan inovasi demi Kota Bekasi lebih baik lagi.

“Tentunya penghargaan ini semakin memotivasi untuk kita semua untuk terus berprestasi dan berinovasi dalam memberikan pelayanan terbaik  bagi warga masyarakat,” imbuh dia.

Sementara itu,  Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (BPP) Kemendagri Agus Fatoni, penilaian indeks inovasi daerah tahun 2020 adalah bentuk apresiasi pemerintah kepada pemda dalam penyelenggaraan pemerintahan yang inovatif Kemendagri melalui BPP telah melakukan tahapan penjaringan berupa penginputan data yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah terhadap penerapan inovasi daerah yang dilaksanakan oleh daerah secara online sejak tanggal 14 Mei 2020 melalui aplikasi indeks inovasi daerah Kemendagri. 

Adapun tingkat partisipasi kegiatan inovasi daerah pada Tahun 2020 ini sebesar 89,3% atau 484 daerah. Yakni, aebanyak 195 pemerintah daerah dengan predikat sangat inovatif terdiri dari 21 provinsi, 131 kabupaten dan 43 kota.

Kedua, ada  44 Pemerintah Daerah dengan predikat inovatif yang terdiri dari 3 provinsi, 30 kabupaten dan 11 kota. 

Ketiga, sebanyak 245 Pemerintah Daerah dengan kategori kurang inovatif yang terdiri dari 10 provinsi, 199 kabupaten dan 36 kota.

Terakhir, asa 58 Pemerintah Daerah dengan kategori tidak dapat dinilai atau disclaimer yang terdiri dari 55 kabupaten dan 3 kota karena tidak melakukan inputing data.

(Yudi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here