METRO YOGYAKARTA – Pansus V DPRD Provinsi Jawa Barat berkunjung ke Dinas Komunikasi Dan Informasi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) pada Jumat (26/6). Kunjungan kerja ini dalam rangka untuk mencari data dan informasi terkait penyusunan Raperda tentang penyelenggaraan Komunikasi, Informasi, Statistik Dan Persandian.

Ketua Pansus V DPRD Jabar, Sabil Akbar mengatakan, DIY merupakan salah satu contoh provinsi yang sudah memiliki sistem informasi dan komunikasi lebih lengkap dibandingkan dengan daerah lainnya.

Karena itu, Yogyakarta menjadi salah satu provinsi istimewa terkait dengan kunjungan Pansus V DPRD Jabar untuk mengetahui referensi sebelum menyempurnakan secara definitif.

“Tentunya referensi dari provinsi ini akan lebih menguatkan kami (Pansus V) dalam penyempurnaan perda yang akan kita bahas,” ujar Sabil.

Ia melanjutkan DIY sudah memiliki program Jogja cerdas (Jogja Smart Province). Satu di antarnya, penggunaan jaringan fiber optik yang sudah berjalan diterapkan di DIY.

“Di sini sudah ada jaringan fiber optik dan berjalan cukup lama ketimbang di Jabar. Sekaligus ini menjadi langkah awal dalam upaya penyempurnaan raperda yang dibahas Pansus V,” katanya.

Sabil berharap, pengelolaan jaringan fiber optik tersebut dapat dioptimalkan di Jabar dari segi statistik dan persandiannya, bukan hanya informasinya saja.

“Karena regulasi dari perda ini sangat luas kita harus mengenal lebih jauh secara sfesifik dari satu persatu dari tingkat komponennya,” tambahnya.

Hal serupa diungkapkan wakil ketua Pansus V DPRD Jabar, Heri Dermawan. Dia menilai, kunjungan Pansus V ke DIY merupakan langkah yang tepat karena Diskominfo setempat sudah memiliki Pergub tentang komunikasi dan informasi. Diperkuat dengan konsep Jogja Smart Province.

“Tentunya ini sangat bagus, kita (Pansus V) dapat masukan yang sangat banyak, positif dan mudah-mudahan itu kita bisa mengaplikasikan, menambahkan dalam raperda yang sedang dibahas Pansus V,” ujar Heri.

Di tanya soal fiber optik di DIY, dia berharap kedepannya di Jabar pun dapat terkoneksi segala sesuatunya dengan menggunakan jaringan fiber optik sebagai bentuk kemajuan dibidang kominfo.

(Hayat)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here