EMPAT KARTU: Ketua DPW PKB Jabar Saiful Huda saat peluncuran Kartu Petani, Nelayan, Wira Usaha dan Guru Ngaji di Aston Hotel Pasteur Bandung.

BANDUNG- Sebagai bukti mewujudkan aspirasi masyarakat, PKB Jabar melakukan kerja-kerja politik yang berbasis bantuan sosial. Antara lain dengan meluncurkan Kartu Petani, Kartu Nelayan dan Kartu Guru Ngaji.


“ Ini bakti kami kepada masyarakat yang terus ambil bagian dalam meneguhkan komitmen sesuai amanat Ketua Umum PKB, Abdul Muhaimin Iskandar atau yang akrab disapa Gus AMI, agar kader-kader PKB selalu peduli terhadap kaum mustad’afin,” ujar Ketua DPW PKB Jawa Barat, Saiful Huda saat peluncuran di Bandung, kemarin.


Dijelaskan Huda, pada tahun 2019 silam, kami menyelenggarakan Sekolah Peduli Umat Melayani Rakyat (PUMR) yang diikuti calon legislatif DPRD kabupaten/kota dan para caleg DPRD Provinsi Jawa Barat.


“Niat tulus kami untuk terus berkontribusi di masyarakat kami langgengkan dengan Kartu Tani dan Nelayan, Kartu Wirausaha serta Kartu Guru Ngaji. Ketiga kartu tersebut merupakan program jangka panjang semua pasangan calon ketika terpilih sebagai bupati dan wakil bupati pada perhelatan Pilkada mendatang. Bukan hanya itu saja, menurut hasil analisa kami, petani – nelayan, wirausaha dan guru ngaji termasuk mata pencaharian yang sangat minim mendapatkan bantuan layak dari pemerintah,” paparnya.


Ditambahkan juga program ini adalah sebagai perwujudan dan pelaksanaan hal ini pun sebagai kontrak politik Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dalam bidang kesejahteraan rakyat dan bidang sosial keumatan. Tujuan kartu PUMR ini pun merupakan salah satu program unggulan calon kepala daerah dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).


Ditambah lagi, program jangka panjang ini bentuk konkrit terhadap masyarakat serta terwujudnya kerja-kerja politik berbasis data.
Diungkapkan, manfaat yang akan diberikan kami kepada masyarakat terutama yang tergolong penerima Kartu Nelayan dan Tani antara lain bantuan pupuk, benih, subsidi pupuk dan subsidi benih.

Untuk para nelayan, akan diberikan bantuan subsidi solar perahu, subsidi service perahu serta subsidi bekal laut untuk para nelayan dan buruh nelayan.


Adapun Kartu Wirausaha akan diberikan berupa bantuan modal, bantuan modal usaha serta bantuan peralatan usaha yang diperlukan. Tak ketinggalan, Kartu Guru Ngaji berupa honor terhadap guru ngaji di daerah-daerah dan bantuan sarana mengajar mengaji.


Dijelaskan, syarat penerima kartu PUMR ini untuk satu Kepala Keluarga (KK) satu kartu PUMR, lalu calon penerima kartu mengisi form penerima kartu yang berisi biodata sesuai KTP, pekerjaan untuk menentukan jenis kartu yang akan didapatkan, melampirkan pendapatkan harian atau bulanan dan data keluarga sesuai isi kartu keluarga, dan yang terakhir bersedia disurvey dan diverifikasi sebagai bukti data yang dilampirkan benar adanya. (red/ks)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here