METRO CIKARANG – Kabupaten Bekasi menjadi salah satu wilayah yang akan terdampak besar jika terjadi resesi global. Agar masyarakat tak terlalu sulit di masa resesi, ada beberapa kiat yang diberikan anggota DPRD Provinsi Jawa Barat, Faizal Hafan Farid.

Menurut dia, resesi dijelaskan sebagai roda ekonomi menurun drastik bahkan tidak jalan sama sekali. “Umumnya yang berjalan hanya sector pemerintahan meski tidak maksimal bisa setengah atau seperempat dari normal,” jelas Faizal.

Politikus PKS ini pun menyarankan agar Pemerintah Kabupaten Bekasi mengambil langkah tepat jika terjadi resesi global. Satu di antaranya, penggunaan APBD dengan program ketahanan pangan.

Program ketahanan pangan sangat penting untuk mempertahankan ketahanan pangan domestik lebih terjadi. Disaat resesi, sector pangan menjadi sangat penting karena menjadi kebutuhan fundamental masyarakat.

Dia juga menyarankan agar Pemkab Bekasi menghentikan kegitan infrastruktur. Kecuali, katanya, kegiatan yang bersifat padat karya. “Jalankan program ketahanan ekonomi, itu yang penting,” sarannya.

Sebagai daerah yang memiliki kawasan industri terbesar, Faizal menyarankan agar tidak terjadi PHK atau pemecatan karyawan. Sebaiknya, jika masih bisa dipertahankan, perusahaan dan karyawan menyepakati adanya pengurangan gaji atau lainnya.

Menurutnya, saat ini Indonesia tengah memasuki penurunan ekonomi. “Kami berharap yang terbaik agar Indonesia kedepan bisa bertahan dan pertumbuhan ekonomi baik di masa pandemi ini,” tandasnya.

(Cikarang Ekspres)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here